Panjalu97.blogspot.com –
beralih ke MotoGP Lur Dulur, di musim 2016 ini banyak sekali insiden yang
menimpa para rider MotoGP. Dan yang paling menarik adalah ada 9 pembalap
berbeda yang dapat menjadi juara seri. Tentunya ini adalah berkat penyeragaman
ECU yang berbeda. Ini merupakan peraturan yang tepat, Namun dari pihak
penyelenggaraakan terus berinovasi mengenai peraturan-peraturan yang akan di
terapkan. Khususnya mengenai soal keamanan.
Yaa, kali ini soal keamanan
dalam pergantian motor. Insiden di area pit line menimpa pembalap Aprilia
racing Gresini, Alvaro Bautista saat gelaran Race Grand Prix Argentina. Kala itu
Bautista menabrak seorang mekaniknya sendiri di area pit stop saat dirinya akan
berganti motor.
Insiden tersebut lantas
membuat menuai reaksi dari beberapa pihak, termasuk Marc Marquez dan Valentino
Rossi. Kini Dorna selaku penyelenggara event MotoGP tentunya menaruh perhatian
atas insiden tersebut. Akhirnya Dorna akan memberlakukan tiga aturan baru
dimusim 2017 mendatang terkait pergantian motor. Apa saja peraturan tersebut ?
Yups, pertama cuma ada 4
kru mekanik saat pergantian motor. Kedua, para mekanik tersebut wajib
mengenakan helm saat pergantian motor. Ketiga, mekanik harus menahan kopling
motor kedua yang akan digunakan, akan tetapi pergantian gigi motor hanya boleh
dilakukan oleh para pembalap. Jadi itulah 3 peraturan baru soal pergantian
motor. Matur nuwun (Jrp)
No comments :
Post a Comment