Cara Kerja Throttle By Wire |
Panjalu97.blogspot.com – Bro Sis sekalian, ada yang tau nggak apa itu Throttle-By-Wire (tbw). Lantas apakah Throttle-By-Wire itu? Monggo sampen baca uraian berikut . . . Throttle-By-Wire pada dasarnya adalah teknologi yang mengganti kabel baja pilin yang menghubungkan antara grip gas dan klep kupu-kupu dengan kawat yang membawa sinyal elektronik.
Pada dasarnya motor-motor
biasa, kabel baja pilin menghubungkan antara grip gas yang ada pada stang
sebelah kanan, dengan klep kupu-kupu yang ada di dalam karburator. Kabel ini
mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin. Pada sistem TWB, setiap betotan gas
akan dikonversi menjadi sinyal digital yang akan disalurkan ke Electronic
Control Unit (UCU). Betotan gas ini ditransfer oleh konverter analog ke
digital. Setelah ECU memproses data tersebut, maka komponen itupun akan memerintahkan
untuk membuka klep kupu-kupu.
Jadi mudahnya, pada sistem
konvensional, grip gas dan bukaan klep kupu-kupu terhubung secara langsung,
sementara pada sistem TBW, gas tidak langsung terhubung ke klep kupu-kupu
melainkan di proses dulu di ECU. Terus, apa efek yang di timbulkan saat
berkendara ? konsekuensi masuknya data terlebih dahulu ke ECU, bukaan gas
sebear apapun tak langsung direspon. Sehingga, jika kita membetot gas hingga
maksimal, maka responnya tidak akan langsung nendang.
Last, apa kelebihan teknologi
ini ? kelebihannya kendaraan bisa lebih hemat bahan bakar. Pasalnya, putaran
gas akan diseimbangkan secara otomatis dengan bukaan klep kupu-kupu, sehingga
tak ada pembakaran berlebihan di ruang bakar. Honda CBR250RR adalah salah satu
contoh motor yang sudah menerapkan teknologi Throttle-By-Wire. Bagaimana bingung apa nggak uraiannya . . .
No comments :
Post a Comment