Wednesday, 26 October 2016

Apa Itu Throttle - By - Wire ?



Cara Kerja Throttle By Wire

Panjalu97.blogspot.com – Bro Sis sekalian, ada yang tau nggak apa itu Throttle-By-Wire (tbw). Lantas apakah Throttle-By-Wire itu? Monggo sampen baca uraian berikut . . . Throttle-By-Wire pada dasarnya adalah teknologi yang mengganti kabel baja pilin yang menghubungkan antara grip gas dan klep kupu-kupu dengan kawat yang membawa sinyal elektronik.

Pada dasarnya motor-motor biasa, kabel baja pilin menghubungkan antara grip gas yang ada pada stang sebelah kanan, dengan klep kupu-kupu yang ada di dalam karburator. Kabel ini mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin. Pada sistem TWB, setiap betotan gas akan dikonversi menjadi sinyal digital yang akan disalurkan ke Electronic Control Unit (UCU). Betotan gas ini ditransfer oleh konverter analog ke digital. Setelah ECU memproses data tersebut, maka komponen itupun akan memerintahkan untuk membuka klep kupu-kupu.

Jadi mudahnya, pada sistem konvensional, grip gas dan bukaan klep kupu-kupu terhubung secara langsung, sementara pada sistem TBW, gas tidak langsung terhubung ke klep kupu-kupu melainkan di proses dulu di ECU. Terus, apa efek yang di timbulkan saat berkendara ? konsekuensi masuknya data terlebih dahulu ke ECU, bukaan gas sebear apapun tak langsung direspon. Sehingga, jika kita membetot gas hingga maksimal, maka responnya tidak akan langsung nendang.

Last, apa kelebihan teknologi ini ? kelebihannya kendaraan bisa lebih hemat bahan bakar. Pasalnya, putaran gas akan diseimbangkan secara otomatis dengan bukaan klep kupu-kupu, sehingga tak ada pembakaran berlebihan di ruang bakar. Honda CBR250RR adalah salah satu contoh motor yang sudah menerapkan teknologi Throttle-By-Wire. Bagaimana bingung apa nggak uraiannya . . .

No comments :

Post a Comment