Pertamax Turbo RON 98 |
Panjalu97.blogspot.com – Hallo
poro konco, kalian ngerti pertamax turbo nggak sih ? kalau nggak ngerti monggo
baca uraian berikut, kalau ngerti ya tetap baca aja . Pertamina resmi
meluncurkan produk barunya, yakni Pertamax Turbo. Pertamax Turbo adalah bensin
terbaik saat ini yang ada di Indonesia, walau juga punya Pertamax Racing
tentunya harga kurang bersahabat dengan pasar Indonesia dan di peruntukkan
kalangan khusus, seperti dunia balap.
Dengan nilai Research Octane Number (RON) 98, Pertamax Turbo ini dibandrol Rp. 8.700 perliternya, sama seperti Pertamax Plus RON 95. Kabarnya Pertamax Turbo hadir bertujuan menggantikan Pertamax Plus, sebab selisih RON Pertamax 92 dan Pertamax Plus tidak signifikan maka datanglah Pertamax Turbo.
Lamborghini sebagai icon, terkait kerjasama event balap |
Nama dari “Turbo” saja sudah keren, ditambah lagi RON-nya yang tinggi
yaitu 98. Harga pun terjangkau apalagi
bahan bakar khusus produksi Kilang Balongan ini menggunakan Lamborghini
sebagai icon, terkait kerjasama event balap.
Memang bukan tidak
mungkin Pertamax Turbo akan diserbu pecinta otomotif, baik pengguna mobil
maupun sepeda motor. Tetapi sebelum menggunakan Pertamax Turbo,
ketahui dulu spesifikasi kendaraan. Umumnya, rasio kompresi kendaraan
yang banyak beredar di Indonesia berkisar 8:1 hingga 13:1. Kebutuhan RON bahan
bakar untuk tiap rasio kompresi, monggo sampeyan lihat gambar di bawah ini :
Compression Ratio Chart |
Berdasarkan gambar diatas,
Pertamax Turbo cocok digunakan dengan rasio kompresi di atas 10:1, sebaiknya
tidak menjajal Pertamax Turbo. Apalagi masih menggunakan karburator, jika
memaksakan menggunakan Pertamax Turbo dikhawatirkan nanti pembakaran di ruang
mesin tidak optimal. Karena kompresi dan suhu mesin tidak cukup mampu
membakarnya. Justru mesin tidak bisa hidup karena kesulitan membakar Pertamax
Turbo. Waduh gagal donk naik Lamborghini,
hehehe....
Pertamax
Turbo cocok digunakan untuk mesin dengan sistem injeksi dan turbocharger
yang dibekali teknologi Direct Injection, bensin yang masuk ke ruang bakar
mesin sudah dalam bentuk butiran yang sangat halus yang berdampak pada
optimalnya proses pembakaran. Sehingga meskipun karakteristik RON 98 cenderung
sulit terbakar, tetapi jika sudah dalam bentuk butiran halus (seperti embun)
maka akan mudah terbakar. Itulah salah satu bentuk keunggulan teknologi Direct
Injection.
Last, dapat kita
simpulkan kenali kendaraan anda dengan baik dan pahami kebutuhannya, agar
menghasilkan perfoma terbaik. Bagaimana teman-teman
sederhana kan penjelasannya hehehehe.....
No comments :
Post a Comment