New CBR1000RR Fireblade |
Panjalu97.blogspot.com
– . . . “Semua Sportbike 1000cc adalah
contoh yang luar biasa dari rekayasa kinerja tinggi. Tapi bagi kita, untuk
Fireblade baru kami, kami ingin yang luar biasa dalam kesenangan menangani dan mengendalikan
mesin seperti itu. Tujuan sebenarnya dimanapun si pengendara adalah untuk
menikmati sesuatu yang tidak biasanya dialami dalam kehidupan sehari-hari,
sesuatu yang tidak dapat dilampaui” Ujar Sato san pemimpin proyek besar
Fireblade baru.
Honda CBR1000RR SP resmi menyapa
para pecinta otomotif, motor ini mengalami banyak pembaruan dari generasi
sebelumnya. Jika melihat desainnya, motor ini tampak lebih sporty bagian
fairing pun tidak terlalu kekar dan cenderung ramping dengan lekukan bodi
dinamis yang menguatkan identitasnya sebagai produk Honda. Untuk versi SP,
honda memberikan warna merah yang dikombinasikan biru-putih melambangkan Honda
Racing.
Untuk urasan teknologi,
Honda CBR1000RR Fireblade ini banyak mengaplikasikan teknologi baru yang
canggih. Beberapa teknologi canggih tersebut 5-axis Inertial Measurement Unit
(IMU) berfungsi membaca seluruh gerakan motor, Slide Control, Lift Control,
hingga ABS. Wihhh canggih bener cak .
Untuk suspensi juga tidak
kalah canggih, honda mengandalkan Ohlins electronik control untuk bagian depan
dan belakang, serta Quick shifter up & down yang menjadi fitur standar,
mengandalkan juga suspensi upside down NIX30 an TTX36, Suspension Control Unit
(SCU).
Untuk urusan dapur pacu sepintas
tidak ada perubahan, Honda tetap mengandalkan 4 silinder segaris dengan bore 76
x stroke 55,1 mm. Tetapi sudah dibekali throttle by wire dengan 3 mode
berkendara. Untuk sasis juga mengalami perubahan dengan menggunakan die-cast
twin-spar alumunium. Walaupun ukuran terlihat besar tapi bobot lebih ringan 14
kg dari versi lama.
Last, untuk masalah harga
pasti lebih mahal dari sebelumnya diperkirakan harga mencapai 550-600 juta. Biyuh
larang tenan hehehehe, wis gak usah panjang lebar wis, kesel moco engko
sampeyan . . . nih spesifikasinya :
ENGINE
- Type : Liquid-cooled 4-stroke 16-valve DOHC Inline-4
- Engine Displacement (cm³) : 999cc
- of Valves per Cylinder : 4
- Bore x Stroke (mm) : 76 x 55
- Compression Ratio : 13:01
- Power Output : 141kW/13,000rpm
- Torque : 116Nm/11,000rpm
- Oil Capacity : 3.4L
FUEL SYSTEM
- Carburation : PGM-DSFI
- Fuel Tank Capacity : 16L
- Fuel Consumption : TBC
ELECTRICAL SYSTEM
- Starter : Electric
- Battery Capacity : 12V-4.5AH(Li-ion)
- ACG Output : 0.42kw
DRIVETRAIN
- Clutch Type : Wet, multiplate clutch
- Transmission Type : 6-speed
- Final Drive : Chain
FRAME
- Type : Diamond; aluminium composite twin spar
CHASSIS
- Dimensions (LxWxH) : 2,065mm x 715mm x 1125mm
- Wheelbase : 1404mm
- Caster Angle : 23.3°
- Trail : 96mm
- Seat Height : 820mm
- Ground Clearance : 129mm
- Kerb Weight : 195kg
- Turning radius : –
SUSPENSION
- Type Front : Telescopic inverted fork with an inner tube diameter of 43mm, and a NIX30 Smart-EC (OHLINS) Front Fork with preload, compression and rebound adjustments, 120mm stroke
- Type Rear : Unit Pro-Link with gas-charged TTX36 Smart-EC (Öhlins) damper featuring preload and compression and rebound damping adjustment, 60mm stroke
WHEELS
- Rim Size Front : 17 inch
- Rim Size Rear : 17 inch
- Tyres Front : 120/70ZR17 58W
- Tyres Rear : 190/50ZR17 73W
BRAKES
- ABS System Type : 2 Channel
- INSTRUMENTS & ELECTRICS
- Instruments : TFT-LCD
- Security System : HISS
- Headlight : LED
- Taillight : LED
Galeri Honda CBR1000RR SP
No comments :
Post a Comment